Senin, 07 Desember 2020

Peningkatan Akses Pelayanan KB Berkualitas yang Merata pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

 

https://ajofurqan.blogspot.com/2020/12/peningkatan-akses-pelayanan-kb.html

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas perkenan-Nya sehingga Panduan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) pada Masa Pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru ini dapat diselesaikan. Pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan akan berakhir sampai ditemukannya vaksin dengan standar internasional untuk pencegahannya. Kondisi ini membuat kita perlu beradaptasi dan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru agar tetap dapat beraktivitas namun tetap aman dari penularan Covid-19. Begitu juga dengan Pelayanan KB, sehingga Pasangan Usia Subur (PUS) tetap dapat mengakses Pelayanan KB dan tetap aman dari penularan Covid-19. Tenaga kesehatan pemberi layanan KB harus selalu mematuhi prosedur perlindungan diri sesuai standar serta menerapkan protokol Adaptasi Kebiasaan Baru.

 

Pedoman ini disusun oleh Kementerian Kesehatan bersama BKKBN didukung oleh organisasi profesi. Kami berharap pedoman ini dapat dijadikan sebagai panduan bagi petugas (petugas kesehatan, PL KB, kader dll) dalam melakukan Pelayanan KB dalam masa pandemi dan Adaptasi Kebiasaan Baru, sehingga pelayanan KB dapat terus berjalan dengan baik serta petugas dan PUS tetap aman dari penularan Covid-19.

 

Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melindungi kita semua.


 

 

Jakarta,     Juni 2020

 

Direktur Kesehatan Keluarga,

 

 

 

dr. Erna Mulati, M.Sc., CMFM

 

Kata Pengantar Direktur Kesehatan Keluarga

iv

Daftar Isi

 

v

BAB I

PENDAHULUAN

3

BAB II

PANDUAN PELAKSANAAN PELAYANAN

15

 

KELUARGA BERENCANA PADA MASA

 

 

PANDEMI COVID-19 DAN ADAPTASI

 

 

KEBIASAAN BARU

 

BAB III

ALAT PELINDUNG DIRI DALAM PELAYANAN

22

 

KELUARGA BERENCANA

 

BAB IV

PENUTUP

25


Daftar Tabel

 

Tabel 1.    Pelaksanaan Pelayanan KB

 

Tabel 2.    Penggunaan APD pada Pelayanan KB bagi Petugas Kesehatan

 

Tabel 3.    Penggunaan APD pada Pelayanan KB bagi PLKB / Kader


I.  LATAR BELAKANG

 

Keputusan Presiden Nomor 12 tahun 2020 tentang Penetapan Bencana non alam penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional, memerlukan mekanisme penanganan salah satunya dengan diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan melakukan adaptasi kebiasaan baru untuk pencegahan penularan Covid-19. Kondisi ini menyebabkan dampak yang sangat besar hampir di semua aspek kehidupan salah satunya adalah dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat, termasuk pelayanan KB.

 

Hal ini dapat menyebabkan terhambatnya akses untuk mendapatkan pelayanan KB sehingga dapat menyebabkan akseptor drop out KB atau putus kesertaan ber-KB. Jika kondisi ini tidak diantisipasi akan menimbulkan berbagai masalah dikemudian hari diantaranya meningkatnya angka kehamilan yang tidak diinginkan (unwanted pregnancy). Oleh karenanya perlu diupayakan agar pelayanan KB tetap berjalan dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan dan pengendalian Covid-19.

 

Sehubungan dengan hal tersebut perlu disusun pedoman terkait protokol Adaptasi Kebiasaan Baru dalam pelayanan KB,


namun tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan petugas, akseptor dan keluarga.

 

Untuk itu Kementerian Kesehatan bersama BKKBN didukung oleh organisasi profesi membuat Panduan Pelayanan KB pada Masa Pandemi Covid 19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru.

 

 

II.   PANDUAN UMUM

 

A. Himbauan Pada Pasangan Usia Subur

 

1.    Sebaiknya PUS menunda dan atau merencanakan kehamilan dengan baik sampai kondisi pandemi Covid -19 berakhir dengan memperhatikan:

-          Layak hamil

 

-          Kemudahan akses mendapatkan pelayanan yang berkualitas

 

2.    Perencanaan kehamilan dilakukan dengan memastikan bahwa memang sudah layak untuk hamil. Setelah memenuhi kriteria sebagai berikut:

 

a.    Usia PUS antara 20 – 35 tahun

 

b.    Belum mempunyai anak atau memiliki anak tidak lebih dari 2

 

c.    Jarak antar kehamilan tidak kurang dari 2 tahun

 

d.    Memiliki status gizi normal yaitu IMT 18,5 – 25,0

 

e.    Tidak KEK (lingkar lengan atas ≥ 23,5 cm)

 

 

 

 

 

 

 

 

2


 

f.     Tinggi Badan > 145 cm. Jika tinggi badan 145 cm ke bawah ingin hamil, pada saat persalinan harus dilakukan di Rumah Sakit.

 

g.    Tidak Anemia (Hb ≥ 12 g/dL)

 

h.    Tidak mempunyai riwayat dan atau sedang menderita penyakit kronis atau penyakit dalam kondisi terkontrol seperti Hipertensi, DM Penyakit jantung, Kanker, Masalah kejiwaan, Asma, Penyakit ginjal kronis, Penyakit auto imun (SLE,dll)

 

i.      Tidak sedang menderita penyakit menular (seperti TB Paru,

 

Malaria, IMS) atau penyakit dalam kondisi terkontrol/tersupresi (seperti: HIV, Hep B)

 

j.      Tidak mempunyai riwayat obstetric yang buruk pada kehamilan sebelumnya seperti kematian janin dalam rahim, keguguran berulang, preeklamsi, perdarahan, seksio. Jika tetap ingin hamil, dilakukan dibawah pengawasan petugas Kesehatan.

 

k.    Untuk calon pengantin sebaiknya calon pengantin perempuan dan calon pengantin laki-laki tidak sama-sama mempunyai penyakit atau pembawa sifat Talasemia Atau Hemofilia, karena akan berisiko melahirkan anak dengan Talasemia atau Hemofilia

 

 

3.    Pastikan menggunakan alat atau obat kontrasepsi bagi PUS yang ingin menunda kehamilan atau tidak ingin hamil lagi;

 

 

 

 

3


 

B. Panduan Pelaksanaan Pelayanan

 

 

Pelayanan KB di masa pandemik covid 19 dan masa adaptasi kebiasaan baru dilaksanakan dengan memaksimalkan penerapan protokol pencegahan covid-19 pada petugas, akseptor, keluarga serta masyarakat. Lebih jelasnyadapat dilihat pada tabel berikut:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4


Tabel 1. Pelaksanaan Pelayanan KB

 

 

No

Kriteria

Zona Hijau dan Zona Kuning

 

Zona Orange dan Zona Merah

 

 

 

 

 

1

Teknis umum

•  Pelayanan KB dapat dilaksanakan

 

•  Pelayanan KB dapat dilaksanakan

 

Pelaksanaan

tetapi dilakukan dengan pengaturan

 

tetapi dilakukan dengan pengaturan

 

Pelayanan

jumlah pasien dan waktu pelayanan

 

jumlah pasien dan waktu pelayanan

 

 

yang dilakukan secara tele registrasi

 

yang dilakukan secara tele registrasi

 

 

 

 

 

 

 

 

•  Akseptor KB sebaiknya tidak datang ke

 

 

 

 

petugas kesehatan, kecuali yang

 

 

 

 

mempunyai keluhan, dengan syarat

 

 

 

 

membuat perjanjian terlebih dahulu

 

 

 

 

dengan petugas Kesehatan

 

 

 

 

 

 

 

5


No

Kriteria

 

Zona Hijau dan Zona Kuning

Zona Orange dan Zona Merah

 

 

 

 

 

 

 

Dilakukan anamnesa melalui

•  Dilakukan anamnesa melalui

 

 

 

teleregistrasi terkait: gejala dan risiko

teleregistrasi terkait:

 

 

 

tertular covid (dengan menelusuri

- gejala dan risiko tertular covid

 

 

 

riwayat kontak), konsultasi

- konseling penggunaan KB,

 

 

 

penggunaan KB dapat dilakukan

(apabila masih dibutuhkan informasi

 

 

 

dengan tatap muka dengan tetap

lanjutan  dapat diberikan saat tatap

 

 

 

memperhatikan protokol kesehatan

muka dengan waktu yang terbatas).

 

 

•  Melakukan validasi hasil anamnesa

•  Melakukan validasi hasil anamnesa

 

 

 

teleregistrasi dengan melakukan triase.

teleregistrasi dengan melakukan triase.

 

 

 

Kepada klien yang datang ke fasilitas

Kepada klien yang datang ke fasilitas

 

 

 

kesehatan.

kesehatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6


No

Kriteria

Zona Hijau dan Zona Kuning

Zona Orange dan Zona Merah

 

 

 

 

2.

Pelayanan

• Petugas Kesehatan dapat memberikan

• Petugas Kesehatan dapat memberikan

 

Medis

pelayanan KB dengan syarat

pelayanan KB dengan syarat

 

Pemberian

menggunakan APD lengkap sesuai

menggunakan APD lengkap sesuai

 

kontrasepsi

standar dan sudah mendapatkan

standar dan memperhatikan protokol

 

 

perjanjian terlebih dahulu dari klien :

Kesehatan bagi klien :

 

 

− Akseptor yang mempunyai keluhan

− Akseptor yang mempunyai keluhan

 

 

− Bagi akseptor AKDR atau Implan yang

− Bagi akseptor AKDR atau Implan

 

 

sudah habis masa pakainya,

yang sudah habis masa pakainya,

 

 

− Bagi akseptor Suntik yang datang

− Bagi akseptor Suntik dan pil yang

 

 

sesuai jadwal.

datang sesuai jadwal.

 

 

 

− Akseptor baru yang akan

 

 

 

menggunakan AKDR, implant, suntik

 

 

 

dan pil dilakukan penapisan kondisi

 

 

 

medis menggunakan Roda KLOP.

 

 

 

 

 

 

 

 

7


No

Kriteria

 

Zona Hijau dan Zona Kuning

Zona Orange dan Zona Merah

 

 

 

 

 

 

• Petugas Kesehatan dapat berkoordinasi

• Petugas Kesehatan dapat berkoordinasi

 

 

 

dengan PL KB dan Kader untuk minta

dengan PL KB dan Kader untuk minta

 

 

 

bantuan pemberian Pil KB kepada klien

bantuan pemberian Pil KB kepada

 

 

 

yang membutuhkan yaitu:

klien yang membutuhkan yaitu:

 

 

 

-   Bagi akseptor Pil ulangan sesuai

-   Bagi akseptor Pil ulangan sesuai

 

 

 

jadwal

jadwal

 

 

 

 

-   Bagi akseptor Pil baru, tetapi yang

 

 

 

 

sudah konsultasi ke petugas

 

 

 

 

Kesehatan

 

 

 

 

 

 

 

Petugas Kesehatan tetap memberikan pelayanan KBPP sesuai program yaitu dengan

 

 

 

mengutamakan metode MKJP (AKDR Pasca Plasenta atau  MOW sesuai indikasi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8


No

Kriteria

 

Zona Hijau dan Zona Kuning

Zona Orange dan Zona Merah

 

 

 

 

 

 

• Petugas Kesehatan dapat berkoordinasi

• Petugas Kesehatan dapat berkoordinasi

 

 

 

dengan PL KB dan Kader untuk minta

dengan PL KB dan Kader untuk minta

 

 

 

bantuan pemberian kondom kepada klien

bantuan pemberian kondom kepada

 

 

 

yang tidak bisa datang  kontrol ke

klien yang membutuhkan yaitu :

 

 

 

petugas Kesehatan

-   Bagi akseptor IUD atau Implan atau

 

 

 

 

suntik yang sudah habis masa

 

 

 

 

pakainya, tetapi tidak bisa kontrol ke

 

 

 

 

petugas Kesehatan

 

 

Petugas dapat memberikan pelayanan

Tunda pelayanan MOW interval dan

 

 

 

MOW interval dan MOP di FKTP dan

MOP, hingga wilayah tersebut

 

 

 

FKTRL dengan menggunakan APD

ditetapkan menjadi zona hijau atau

 

 

 

sesuai standar dan memperhatikan

zona kuning (Akseptor dapat

 

 

 

protokol pencegahan covid -19

disarankan menggunakan pilihan

 

 

 

 

metode KB lainnya

 

 

 

 

 

 

 

9


No

Kriteria

 

Zona Hijau dan Zona Kuning

 

Zona Orange dan Zona Merah

 

 

 

 

 

 

3

Konseling

Konseling KB dapat dilakukan secara

Konseling KB tidak dilakukan secara

 

 

 

langsung dengan menggunakan APD

 

langsung atau tatap muka, dapat

 

 

 

dan mematuhi protokol pencegahan

 

dialihkan melalui media online (WA,

 

 

 

penularan Covid-19, tetapi apabila masih

 

SMS, HP, Aplikasi, dsb)

 

 

 

memungkinkan masih bisa

 

 

 

 

 

mengoptimalkan penggunaan media

 

 

 

 

 

online

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Penyampaian

Petugas kesehatan memberikan

Petugas kesehatan memberikan

 

Keluhan dan

 

konsultasi kepada klien menggunakan

 

konsultasi kepada klien menggunakan

 

informasi lebih

 

wa/telepon atau menerima klien secara

 

wa/telepon.

 

lanjut

 

langsung dengan menggunakan APD

 

 

 

 

 

dan memperhatikan protokol pencegahan

 

 

 

 

 

covid-19

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10


No

Kriteria

 

Zona Hijau dan Zona Kuning

Zona Orange dan Zona Merah

 

 

 

 

 

5

Penggerakkan

 

• Petugas lapangan diperkenankan untuk

• Petugas lapangan tidak

 

masyarakat

 

memberikan KIE dan penyuluhan secara

diperkenankan untuk memberikan KIE

 

 

 

langsung tetapi dengan jumlah terbatas

dan penyuluhan baik secara personal

 

 

 

dan memperhatikan protokol pencegahan

maupun penyuluhan massal secara

 

 

 

covid-19

langsung kepada masyarakat

 

 

 

 

 

 

 

 

• Pemberian KIE dapat dikombinasikan

• Pemberian KIE dapat diberikan dengan

 

 

 

dengan penggunaan media online (WA,

mengoptimalkan penggunaan media

 

 

 

Telepon, Aplikasi smart phone, dsb)

online (WA, Telepon, Aplikasi smart

 

 

 

 

phone, dsb)

 

 

 

 

 

 

    Optimalisasi pencatatan dan pemantauan akseptor serta berkoordinasi dengan bidan setempat untuk memastikan tidak terjadi putus pakai bagi klien dimasa pandemi Covid 19

 

 

 

 

 

 

 

11



 

 

 

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN

 

 

 

1.      Terapkan prinsip umum pencegahan penularan COVID-19 pada saat melakukan pelayanan KB yaitu menggunakan APD sesuai standar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap selesai melakukan pemeriksaan, dan menjaga jarak badan minimal 1,5 meter dari klien

 

2.      Lakukan triase klien, dan pastikan klien yang dilayani bukan penderita covid, ODP atau PDP. Bagi Akseptor yang positif covid, ODP atau PDP dirujuk ke fasilitas yang mampu menangani covid dan dianjurkan tidak melakukan hubungan seks selama masa ini sehingga penggunaan kontrasepsi dapat ditunda dan diminta langsung dilakukan setelah sembuh atau selesai masa pemantauan;

 

3.    Informasikan ke klien bahwa mereka dapat mendapatkan informasi tentang KB secara online antara lain melalui situs resmi BKKBN atau melalui konsultasi dengan petugas kesehatan melalui WA/telepon;

 

 

 

 

 

 

12


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.   Himbauan bagi Pasangan Usia Subur

 

1.    Bagi PUS yang menunda kehamilan atau tidak ingin hamil lagi harus menggunakan alat atau obat kontrasepsi

 

2.    Akseptor KB jika hendak datang mencari layanan KB, membuat perjanjian atau melakukan tele registrasi sebelum datang ke fasilitas Kesehatan untuk mendapatkan kepastian jam layanan.

 

3.    Bagi akseptor AKDR/Implan/suntik yang sudah habis masa pakainya atau akseptor baru, jika tidak memungkinkan untuk datang ke petugas Kesehatan dapat menggunakan kondom yang dapat diperoleh dengan menghubungi petugas PLKB atau kader melalui telepon. Apabila tidak tersedia bisa menggunakan cara tradisional (pantang berkala atau senggama terputus).

 

4.    Bagi akseptor Pil lanjutan dapat menghubungi petugas PLKB atau kader atau Petugas Kesehatan via telfon untuk mendapatkan Pil KB.

 

 

 

 

 

13


5.    Bagi Ibu yang akan melahirkan segera rencanakan untuk penggunaan KB Pasca Persalinan (KBPP) terutama menggunakan AKDR Pasca Plasenta atau MOW sesuai indikasi.

 

6.    Jika ada keluhan terkait penggunaan alat atau obat kontrasepsi, konsultasikan kepada petugas kesehatan lewat wa/telepon atau datang ke petugas Kesehatan dengan perjanjian untuk mendapatkan anjuran selanjutnya;

 

7.    Dapatkan informasi tentang KB secara online antara lain melalui situs resmi BKKBN atau melalui konsultasi langsung dengan petugas kesehatan melalui wa/telepon;

 

8.    Terapkan prinsip umum pencegahan penularan COVID-19 pada saat datang ke fasilitas Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan KB yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer, dan menjaga jarak badan minimal 1,5 meter dari pengunjung lain

 

9.    Bagi Akseptor yang positif covid atau dengan status covid-19 lainnya, konsultasikan kondisi kesehatan dan tidak dianjurkan melakukan hubungan seks selama masa ini sehingga penggunaan kontrasepsi dapat ditunda dan langsung dilakukan setelah sembuh atau selesai masa pemantauan;

 

 

 

 

 

 

 

 

 

14


 

 

B.  Rekomendasi Bagi Petugas Kesehatan dalam Melakukan Pelayanan KB

 

1.  Ketersediaan  Sarana,  Prasarana,  alat  kesehatan  dan Bahan Habis Pakai Penunjang Pelaksanaan Pelayanan

 

KB

 

a.    Tempat cuci tangan dengan sabun (pintu masuk, ruang tunggu, ruang pelayanan)

 

b.    Ruang ganti pakaian dan sepatu petugas termasuk loker

 

c.    APD

 

d.    Disinfektan

 

e.    Papan pemberitahuan jadwal praktik nakes

 

f.     Penyediaan masker untuk pasien yang datang tidak menggunakan masker

 

g.    Penyediaan alat skrining kesehatan: thermometer gun, dan formulir penapisan

 

h.    Disinfeksi ruangan, peralatan dan lingkungan dalam dan luar fasilitas pelayanan secara berkala setiap hari setelah selesai melakukan pelayanan

 

i.      Mengupayakan ketersediaan Tele registrasi sehingga dapat dilakukan skrining untuk memastikan bahwa klien yang datang tidak mempunyai risiko menderita covid-19 sebelum tiba di fasilitas kesehatan dan menyampaikan pesan-pesan untuk mencegah penularan covid-19.

 

 

 

 

15


j.      Tersedianya media KIE atau pesan-pesan kesehatan tentang pencegahan penularan Covid 19

 

2.    Pengaturan Tempat

 

a.    Pengaturan tata letak alat-alat dan perkakas lainnya diatur agar masih bisa menampung jaga jarak antara orang minimal 1-2 meter

 

b.    Ventilasi memadai untuk sirkulasi udara keluar masuk

 

c.    Tersedia Ruangan khusus pemakaian dan pelepasan APD dengan SOP yang jelas ditempelkan di tempat strategis yang mudah dibaca semua orang.

 

d.    Tersedia tempat khusus APD yang telah digunakan dan terdapat SOP perlakuan terhadap APD tersebut.

 

e.    Pengaturan jarak antar tempat duduk di ruang tunggu dengan jarak minimal 1 – 2 meter.

 

f.     Menghimbau agar akseptor tidak membawa anggota keluarga yang rentan (anak < 12 tahun serta lansia) saat datang ke fasyankes.

 

 

3.    Pengaturan Waktu

 

a.    Mengatur jam layanan sesuai dengan kapasitas ruang tunggu melalui tele registrasi, sehingga tidak terjadi penumpukan antrian akseptor di ruang tunggu

 

b.    Membatasi jumlah pengantar klien, sebaiknya PUS datang sendiri atau minimal bersama pasangan

 

 

 

 

 

 

 

16


4.    Petugas Kesehatan Pemberi Pelayanan KB

 

a.    Petugas yang memberi pelayanan KB harus dalam kondisi kesehatan yang baik (tidak demam atau batuk pilek), untuk melakukan skrining sederhana dapat memanfaatkan kuisoner pada aplikasi sehatpedia atau halodoc.

 

b.    Sebelum melaksanakan tugas, petugas mengganti pakaian, sepatu, dengan pakaian dan sepatu khusus untuk bertugas, serta menggunakan masker baru

 

c.    Lakukan skrining awal sederhana Covid-19 (anamnesa) pada akseptor saat pendaftaran melalui tele registrasi;

 

d.    Lakukan triase untuk validasi hasil skrining yang sudah dilakukan melalui teleregistrasi, antara lain dengan cek suhu badan

 

e.    Petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan KB dengan harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) sesuai dengan standar yang ditetapkan dan mematuhi protokol pencegahan covid-19

 

f.     Setiap setelah melakukan pelayanan pada setiap klien langsung cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir

 

g.    Petugas berkoordinasi dengan PLKB atau Kader dalam menyalurkan pemberian kondom atau Pil KB bagi akseptor yang membutuhkan

 

h.    Pemberian pil oleh PLKB / kader hanya untuk akseptor pil ulangan. Jika akan berganti cara ke pil

 

 

17


atau baru pertama kali menggunakan pil, harus konsultasi dulu ke petugas kesehatan

 

i.    Petugas Kesehatan mengoptimalkan Pemberian Materi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) serta pelaksanaan konseling terkait kesehatan reproduksi dan KB secara online atau konsultasi via telepon.

 

 

5.    Petugas Lapangan KB /Kader Pemberi Pelayanan KB

 

a.    Pemberian KIE dapat diberikan dengan mengoptimalkan penggunaan media online (WA, Telepon, Aplikasi smart phone, dsb)

 

b.    Jika akan melakukan penyuluhan secara langsung harus dilakukan dengan jumlah yang terbatas dan melakukan protokol pencegahan penularan Covid-19

 

c.    Optimalisasi pencatatan dan pemantauan akseptor serta berkoordinasi dengan bidan setempat untuk memastikan tidak terjadi putus pakai dimasa pandemi Covid 19

 

d.    Hal hal yang perlu diperhatikan oleh PLKB / Kader dalam melakukan pelayanan KB

 

       Petugas sudah mendapatkan informasi bahwa kondisi klien yang dilayani berada dalam kondisi Kesehatan baik (tidak demam atau batuk pilek), untuk melakukan skrining sederhana dapat memanfaatkan kuisioner pada aplikasi sehat pedia atau halodoc.

 

 

 

18


 

      Persiapan alat dan bahan: masker, handsanitizer, pil dan kondom

 

      Petugas memberikan pelayanan KB (pemberian pil dan kondom) kepada klien dengan harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yaitu menggunakan masker dan memperhatikan protokol pencegahan covid 19

 

      Memastikan pasien yang dilayani sudah menggunakan masker

 

      Petugas selalu mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer setiap akan dan setelah melakukan penyaluran kondom dan pil KB kepada akseptor.

 

      Pemberian pil oleh PLKB / kader hanya untuk akseptor yang sebelumnya sudah menggunakan pil. Jika akan berganti cara ke pil atau baru pertama kali menggunakan pil, klien diminta konsultasi dahulu ke petugas kesehatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dalam melakukan pelayanan KB diharapkan petugas Kesehatan dan PLKB / kader menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), untuk memberikan perlindungan dan pencegahan penularan Covid-19.

 

 

Tabel 2

 

Penggunaan APD pada Pelayanan KB bagi Petugas Kesehatan

 

 

No

Jenis Pelayanan

Tipe APD dan Teknik Pelayanan

 

 

 

1

Konseling

•  APD: Masker bedah, faceshied,

 

 

penutup kepala

 

 

•  Teknik: berhadapan dengan jarak

 

 

minimal 2 meter

 

 

 

2

Penyerahan Pil KB

•  APD: Masker bedah, sarung tangan,

 

dan Kondom

face shield, penutup kepala

 

 

•  Teknik: Pil KB atau kondom

 

 

diserahkan dengan nampan/baki obat

 

 

 

3

Pelayanan Suntik

•  APD: Masker bedah, sarung tangan,

 

KB

face shield, penutup kepala

 

 

•  Teknik: Akseptor menyiapkan posisi

 

 

bokong siap suntik dengan tidur

 

 

tengkurap dengan wajah menghadap

 

 

ke arah berlawanan posisi  nakes

 

 

 

20

 

 


No

Jenis Pelayanan

 

Tipe APD dan Teknik Pelayanan

 

 

 

 

4

Pelayanan Implan

APD : Masker N95, sarung tangan,

 

 

 

face shield, Baju Gown dan penutup

 

 

 

kepala

 

 

•  Teknik: Akseptor menyiapkan posisi

 

 

 

lengan atas siap insersi implan

 

 

 

dengan wajah menghadap ke arah

 

 

 

berlawanan posisi nakes

 

 

 

 

5

Pelayanan AKDR

APD: Minimal masker bedah, sarung

 

 

 

tangan panjang, face shield, baju

 

 

 

gown dan penutup kepala

 

 

•  Teknik: Akseptor menyiapkan posisi

 

 

 

siap insersi AKDR

 

 

 

 

6

Pelayanan MOW

APD : Masker N95, sarung tangan,

 

 

 

face shield, Baju Gown dan penutup

 

 

 

kepala

 

 

Teknik: sesuai prosedur

 

 

 

 

7

Pelayanan MOP

APD : Masker N95, sarung tangan,

 

 

 

face shield, Baju gown dan penutup

 

 

 

kepala

 

 

Teknik   :  sesuai prosedur

 

 

 

8

Pelayanan KBPP

Mengikuti Standar Operasional Prosedur

 

 

(SOP) sesuai APD yang digunakan pada

 

 

pertolongan persalinan dan jenis

 

 

layanan kontrasepsi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21


Tabel 3

 

Penggunaan APD pada Pelayanan KB bagi PLKB / Kader

 

 

No

Jenis Pelayanan

Tipe APD dan Teknik Pelayanan

 

 

 

1

Pemberian KIE

•  APD: Masker Kain (dengan 3 lapisan)

 

 

dan face shield

 

 

•  Teknik: Pemberian KIE harus

 

 

dilaksanakan dengan tetap mematuhi

 

 

protokol-protokol standar pencegahan

 

 

penularan Covid 19, dengan jarak

 

 

minimal 2 meter.

 

 

 

2

Penyerahan Pil KB

APD: Masker Kain (dengan 3 lapisan)

 

dan Kondom

Teknik: Pil KB atau kondom

 

 

diserahkan dengan nampan/baki obat

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

22

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Panduan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) pada Masa Pandemi Covid-19 dan Adaptasi Kebiasaan Baru disusun untuk membantu petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan Keluarga Berencana bagi masyarakat dengan tetap mengutamakan kewaspadaan untuk melindungi petugas kesehatan dan mayarakat yang dilayani dari penularan COVID-19.

 

Penerapan protokol pencegahan covid-19 yang sesuai standar harus dilaksanakan agar pelaksanaan pelayanan KB dapat berjalan dengan baik dan bermutu. Mengingat perkembangan ilmu pengetahuan terkait COVID-19, maka petugas Kesehatan diharapkan tetap dapat mengikuti perkembangan perubahan dari sumber-sumber yang resmi agar dapat disesuaikan dengan protokol pelayanan KB yang akan diberikan.

 

Diharapkan dengan keterlibatan semua pihak maka Penyebaran COVID-19 dapat dikendalikan dengan baik. Semoga perjuangan bersama ini dapat membawa negara kita kepada

 

kehidupan            yang             normal             dengan             sesungguhnya.


3 komentar:

Mendulang Rupiah dari Budi Daya Kurma Tropis di Indonesia....

Mendulang Rupiah dari Budi Daya Kurma Tropis di Indonesia....